Kegiatan Asesmen Lapangan oleh LAM INFOKOM di Program Studi Magister Teknologi Informasi Universitas Nasional

0

Senin dan Selasa, 1-2 Juli 2024, Program Studi Magister Teknologi Informasi (MTI) Universitas Nasional menjalani asesmen lapangan oleh asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Blok 1 Universitas Nasional (UNAS) dan bertujuan untuk melakukan akreditasi program studi yang baru pertama kali dilaksanakan sejak berdirinya pada tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan kelayakan Program Studi Magister Teknologi Informasi berdasarkan kriteria yang disusun sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selain itu, untuk menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Proses ini sangat penting untuk memastikan bahwa program studi mampu memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang memenuhi standar nasional dan internasional.

Tim asesor dari LAM INFOKOM yang bertugas dalam kegiatan ini adalah:

  1. Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D dari Universitas Gadjah Mada. Beliau juga menjabat sebagai ketua umum pengurus pusat IndoCEISS (Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society) periode 2021 – 2025.
  2. Prof. Dr. Ir. Wiranto Herry Utomo, M.Kom dari President University.

Kegiatan asesmen lapangan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. Dalam sambutannya, Prof. Suryono menyampaikan rasa terima kasih dan kesiapan tim dari Magister Teknologi Informasi untuk menjalankan proses akreditasi ini. Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Dr. Agung Triayudi, S.Kom., M.Kom., juga menyampaikan rasa bangga terhadap tim yang telah bekerja keras mempersiapkan segala kebutuhan untuk akreditasi ini.

Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesiapan yang ditunjukkan oleh Program Studi Magister Teknologi Informasi. Beliau menekankan pentingnya menjalani proses akreditasi ini dengan tenang, senang, dan tidak tegang.

Asesmen lapangan ini melibatkan pengecekan dokumen terkait sembilan aspek penting, yaitu:

  1. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi.
  2. Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama.
  3. Mahasiswa.
  4. Sumber Daya Manusia.
  5. Keuangan, Sarana, dan Prasarana.
  6. Pendidikan.
  7. Penelitian.
  8. Pengabdian kepada Masyarakat.
  9. Luaran dan Capaian Tridharma.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan proses wawancara untuk memperkuat bukti dari kriteria yang telah dikirimkan. Beberapa pihak yang diwawancarai antara lain:

  1. Dosen Program Studi Magister Teknologi Informasi.
  2. Mahasiswa.
  3. Alumni.
  4. Mitra Kerja Sama.

Wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih mendalam tentang kualitas dan efektivitas program studi dalam memenuhi standar akreditasi. Dosen, mahasiswa, alumni, dan mitra kerja sama memberikan pandangan dan pengalaman mereka dalam menilai kualitas keseluruhan program studi.

Dr. Agung Triayudi, S.Kom., M.Kom., selaku tim UPPS (Unit Pengelola Program Studi), menyampaikan rasa bangganya terhadap seluruh tim yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan akreditasi ini. “Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam persiapan akreditasi ini. Semoga hasil yang kita peroleh dapat mencerminkan komitmen kami dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi,” ujar Dr. Agung.

Kegiatan asesmen lapangan ini menjadi langkah penting bagi Program Studi Magister Teknologi Informasi Universitas Nasional dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mendapatkan pengakuan dari lembaga akreditasi. Dengan semangat dan kerja keras dari seluruh tim, diharapkan program studi ini dapat meraih akreditasi yang baik dan terus berkembang dalam memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − sixteen =